Memahami Perilaku Manusia dari sisi Psikologi untuk Perancangan Arsitektur

/
0 Comments
Para Mahasiswa beserta Prof. Yusti, Pak Bambang, dan Pak Endrotomo

Ruang Djelantik Jurusan Arsitektur –  Jurusan Arsitektur semakin mendukung kemudahan proses pembelajaran para mahasiswanya.  Pada selasa (19/3) sore kemarin, seorang profesor bidang psikologi dihadirkan di jurusan Arsitektur ITS untuk memberikan kuliah tamu pada mahasiswa semester empat. Hal ini berhubungan dengan tugas perancangan arsitektur empat yang mengangkat tema arsitektur perilaku.
“ Kuliah ini kami adakan untuk memfasilitasi mahasiswa yang mengikuti mata kuliah ini agar lebih mengerti tentang karakteristik penghuni yang diberikan pada soal, ujar Bambang Soemardiono selaku dosen Koordinator perancangan arsitektur empat. Pada tugas perancangan ini mahasiswa dihadapkan pada permasalahan mengenai lingkungan pondok sosial yang di dalamnya mencakup anak jalanan, gelandangan, dan pengemis.
Pembicara sendiri merupakan seorang profesor yang merupakan ahli psikologi forensik. Beliau adalah Prof. Dr. Yusti Probowati, S.Psi. Pengalaman beliau terhadap masyarakat-masyarakat yang bermasalah dengan hukum, dimana di dalamnya adalah kelompok anak jalanan, dibagikan kepada para mahasiswa dalam suasana diskusi yang menyenangkan.
Menurut saya, mereka (anak jalanan dan kelompok gepeng) adalah orang-orang berkebutuhan khusus. Mereka butuh suatu cara untuk dapat kembali mengikuti norma sosial yang ada. Dimana jalan keluar seharusnya berupa rehabilitasi, bukan kurungan, beber Prof. Yusti. Beliau juga menambahkan bahwa peran arsitek sangat penting  dalam penentuan keberlanjutan hidup para anjal (anak jalanan)  dan gepeng (gelandangan dan pengemis) tersebut. Dimana sejauh ini desain dari lingkungan pondok sosial dan pantai rehabilitasi tidak mampu mewadahi aktivitas dan kegiatan daripara penghuni yang mampu mendukung proses rehabilitasi didalamnya.
Pada akhir kuliah, pemilik panti rehabilitasi Rumah Hati di Jombang ini berpesan kepada seluruh mahasiswa sekaligus para calon arsitek  yang hadir agar lebih memperhatikan masalah-masalah di luar perancangan termasuk masalah sosial. Dengan adanya kuliah tamu ini, mahasiswa akan mendapatkan sudut pandang baru terhadap permasalahan yang ada pada perancangan, dimana aspek sosial adalah hal yang harus diperhatikan selain desain yang bagus. (ai)


You may also like

No comments:

Majalah ARCHISPACE ITS 2014. Powered by Blogger.