Perancangan Arsitektur dan Membangun Maket

/
0 Comments

Plasa Rumput Jurusan Arsitektur - Model pembelajaran baru telah diterapkan dalam salah satu mata kuliah di jurusan Arsitektur ITS. Minggu ini, mahasiswa peserta Perancangan Arsitektur 2 (PA 2) terlihat sibuk mendirikan instalasi sebagai bentuk tugas 'naungan' PA 2 kali ini. Berangkat dari eksplorasi tema hingga proses transformasi bentuk, para mahasiswa kini telah masuk dalam tahap rancangan akhir berupa pembuatan maket. Hal yang berbeda dari tahun sebelumnya adalah ukuran maket yang dibuat tidak lagi 1:50, namun sesuai ukuran aslinya atau berskala 1:1.




Beberapa Maket dari Mahasiswa

Dalam pembuatan maket yang berlokasi di plasa rumput ini, para mahasiswa banyak belajar berbagai hal dalam perancangan, seperti struktur hingga kaitannya dengan material yang digunakan. Pemahaman ini ditunjukkan dalam sesi presentasi pada Hari Kamis (28/3), para mahasiswa menuturkan berbagai kekurangan dan kelebihan dari pemilihan material yang digunakan, strategi pendirian naungan agar dapat berdiri, hingga sistem struktur yang diterapkan. Seperti salah satu kelompok yang menuturkan kesulitannya dalam menghubungkan dua batang bambu, serta alasan mengapa pemilihan material menggunakan bambu tua dan bambu muda. Tentu setelahnya mahasiswa akan dibimbing kembali oleh para dosen asistensi agar proses pembangunan ini sesuai dengan prinsip-prinsip struktur dan arsitektural yang berlaku.
Koordinator PA 2, Bapak Andi Mappajaya menuturkan bahwa kesempatan bagi mahasiswa untuk mencari dan merasakan sendiri ini berhubungan dengan tiga hal yang menjadi metode dalam sistem pembelajaran di PA 2 sendiri, yaitu Learning - Doing- Experiencing. (adn)

Presentasi di Depan Dosen dan Asisten



You may also like

No comments:

Majalah ARCHISPACE ITS 2014. Powered by Blogger.